Tuesday, March 11, 2008

Elihu dalam "Ayub - Seorang dengan ketabahan yang heroik" (1)

"Life is 10% what happens to you, and 90% how you react to it."
quote by Charles R. Swindoll

I love the way he wrote in many books, especially Esther, David, Job, Joseph, etc.
Hehe...bagaimana seorang Charles Swindoll mendapatkan hikmat untuk mengajarkan kepada kita sebuah kehidupan dari tokoh2 di dalam Alkitab, yg bahkan terkadang, orang2 yang tidak kita kenal. Dengan bahasa dan alur penulisan yang runtut dan mengalir dengan enaknya, pengajarannya tidak berkesan menggurui. It was just tell the truth. ^^

Salah satu buku yang sedang kubaca saat ini adalah Ayub-Seorang dengan ketabahan yg heroik.
Keren, sangar, apik, exciting, apa lagi ya? hmmm...pokoknya, tokoh satu ini sangat mengagumkan. Seorang dengan kerendahan hati, seorang dengan ketabahan, kesetiaan yang ... tak terkatakan.

Ketika mengikuti perjalanan ayub dalam interpretasi Charles Swindoll, aku ditegur dan diingatkan akan banyak hal. Aku pengen cerita apa yg takbaca ttg seorang Elihu (salah satu dari sahabat Ayub).

Ketika berbicara dengan Ayub, Elihu menyampaikan 2 penekanan yang luar biasa,
1, Allah mendisplin seseorang untuk membawa orang itu kembali dari jalannya yang salah.
2. Allah memerintah dengan adil. Ia ADIL.

Inti dari 2 penekanan ini adalah hendak mengatakan bahwa Allah Berdaulat. Ia bukan saja baik setiap saat, tapi Ia juga memegang kendali atas semua hal yang terjadi dalam kehidupan kita.

Ketika Elihu menyampaikan kata2nya kepada Ayub, ia mengakui bahwa Ia marah. Ingatkah kita ketika meluapkan sesuatu dalam kemarahan? Ingatkah peristiwa2 yang anda alami dimana anda "terbakar" dengan amarah?
Selama meluapkan kemarahan itu, kita tidak saja mengeluarkan kata-kata yang kita harap tidak pernah kita ucapkan, kita juga mengucapkan banyak kata yang seharusnya tidak kita ucapkan. Lebih dari itu, kita juga telah hanya mengucapkan sedikit kata-kata yang perlu diucapkan. Dalam kemarahan itu kita kehilangan kendali untuk sementara waktu.

Anyway, aku tiba2 teringat dengan sebuah ilustrasi sederhana yang pernah dikirimkan oleh temanku. Panjang sih, haha.....
enjoy...

*oops..look like i can't find out the story...haha..well, i'll update it later when i find it out.ok*

oya...anyway...cerita ttg elihu akan bersambung ke sini




No comments:

Post a Comment

feel free to have a say ^^